Pengertian Mengenai Trigliserida Tinggi

Apakah anda sedang mencari informasi tentang Pengertian Mengenai Trigliserida Tinggi ? jika memang begitu, anda berada pada blog yang tepat. Karena pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Pengertian Mengenai Trigliserida Tinggi.


Memiliki kadar trigliserida tinggi atau hipertrigliseridemia adalah masalah umum. Trigliserida adalah lemak dalam darah (disebut juga lipid). Tubuh Anda membutuhkan beberapa lemak darah untuk energi. Tapi ketika tingkat trigliserida Anda terlalu tinggi, lemak ini dapat menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Perbedaan Trigliserida Dan Kolesterol
Trigliserida dan kolesterol merupakan jenis lipid yang beredar dalam darah Anda. Trigliserida menyimpan kalori yang tidak terpakai dan menyediakan simpanan energi bagi tubuh Anda, sedangkan kolesterol digunakan untuk membangun sel dan hormon tertentu. Karena trigliserida dan kolesterol tidak dapat larut dalam darah, mereka beredar ke seluruh tubuh Anda dengan bantuan protein yang mengangkut lipid (lipoprotein).

Kadar Trigliserida
Sebuah tes darah sederhana dapat mengungkapkan apakah trigliserida Anda berada di kisaran normal atau tinggi.
  • Normal – Kurang dari 150 miligram per desiliter (mg/dL), atau kurang dari 1,7 milimol per liter (mmol/L)
  • Batas tinggi 150 – 199 mg/dL (1,8-2,2 mmol/L)
  • Tinggi – 200-499 mg/dL (2,3-5,6 mmol/L)
  • Sangat tinggi – 500 mg/dL atau di atas (5,7 mmol/L atau di atas)
The American Heart Association (AHA) merekomendasikan bahwa tingkat trigliserida 100 mg/dL (1,1 mmol/L) atau lebih rendah dianggap “optimal.” AHA mengatakan tingkat optimal kadar trigilserida ini akan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Namun, AHA tidak merekomendasikan obat kimia untuk mencapai tingkat ini. Sebaliknya, bagi orang yang mencoba untuk menurunkan trigliserida mereka ke tingkat ini, sebaiknya dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti diet, penurunan berat badan dan aktivitas fisik yang teratur.

Dokter biasanya akan memeriksa kadar trigliserida tinggi sebagai bagian dari tes kolesterol (kadang-kadang disebut panel lipid atau profil lipid). Anda harus berpuasa selama sembilan sampai 12 jam sebelum darah dapat diambil untuk pengukuran trigliserida yang akurat. ( Obat Herbal Penurun Trigliserida Tinggi )

Bahaya Trigliserida Tinggi
Trigliserida tinggi dapat berkontribusi terhadap pengerasan arteri atau penebalan dinding arteri (aterosklerosis), yang secara tidak langsung akan meningkatkan risiko stroke, serangan jantung dan penyakit jantung.

Terkadang trigliserid tinggi merupakan tanda bahwa Anda memiliki diabetes tipe 2, rendahnya tingkat hormon tiroid (hipotiroidisme), penyakit hati atau ginjal, atau kondisi genetik langka yang mempengaruhi tubuh Anda dalam hal mengubah lemak menjadi energi. Trigliserida tinggi juga bisa menjadi efek samping dari minum obat seperti beta blockers, pil KB, diuretik, steroid atau obat tamoxifen kanker payudara.

Cara terbaik untuk menurunkan trigliserida tinggi?
  1. Menurunkan berat badan.
    Jika Anda kelebihan berat badan, berusahalah untuk menurunkan sekitar 5 sampai 10 kg yang dapat membantu menurunkan kadar trigliserida Anda.
  2. Kurangi kalori.
    Ingatlah bahwa kalori ekstra akan dikonversi menjadi trigliserida dan disimpan sebagai lemak. Mengurangi asupan kalori secara langsung juga akan mengurangi kadar trigliserida.
  3. Hindari makanan manis.
    Karbohidrat sederhana, seperti gula dan makanan yang dibuat dengan tepung putih, dapat meningkatkan kadar trigliserida.
  4. Batasi kolesterol dalam diet Anda.
    Hindari sumber utama kolesterol, seperti daging tinggi lemak jenuh, kuning telur dan produk susu.
  5. Pilih lemak sehat.
    Lemak tak jenuh tunggal yang sehat ditemukan pada tumbuhan, seperti minyak zaitun, kacang dan minyak canola. Juga ditemukan pada ikan yang tinggi asam  omega-3 seperti makarel dan salmon.
  6. Jauhi lemak trans.
    Lemak trans dapat ditemukan di beberapa makanan goreng dan produk panggang, seperti cookies, kerupuk dan kue camilan.
  7. Kurangi dan batasi konsumsi alkohol.
    Alkohol sangat tinggi akan kalori dan gula yang memiliki efek sangat kuat pada kenaikan kadar trigliserida.
  8. Berolahraga secara teratur.
    Setidaknya lakukan 30 menit aktivitas fisik setiap harinya. Olahraga teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol “baik” sambil menurunkan kolesterol “buruk” dan trigliserida. Anda dapat melakukan aktivitas fisik seperi berjalan, berenang, aerobik ataupun latihan beban.
 Itulah informasi tentang Pengertian Mengenai Trigliserida Tinggi yang bisa saya sampaikan. Semoga saja informasi yang saya sampaikan ini dapat membantu anda terhindar dari masalah trigliserida tinggi.

Pengertian Mengenai Trigliserida Tinggi

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Pengertian Mengenai Trigliserida Tinggi"

Posting Komentar